Advertisement

7 Cara Menyetir Mobil Matic Khusus Pemula


7 Cara Menyetir Mobil Matic terlihat suatu hal yang mudah sekali, namun hal tersebut tentunya harus belajar terlebih dahulu baru bisa mengendarai. Tapi kalian semua perlu ketahui bila mobil terdapat di jenis sistem transmisi nya yakni transmisi manual dan transmisi matic. Cara menyetir mobil manual dan matic memang berbeda sekali, dimana untuk mobil matic dirasa akan lebih mudah sekali karena hanya tinggal gas dan rem saja.

Namun perlu kalian ketahui bila mengendarai mobil matic khusus pemula, terdapat cara mengendarai mobil matic khusus pemula. Hal tersebut perlu diketahui agar mesin mobil matic kalian awet, adapun beberapa dasar cara mengendarai mobil matic khusus pemula. Dimana pahami dahulu tuas transmisi nya, dimana posisi jalan, posisi netral dan posisi mobil parkir. Nah untuk lebih lengkapnya, dapat simak 7 Cara Mengendarai Mobil Matic Khusus Pemula dibawah ini.

7 Cara Menyetir Mobil Matic Khusus Pemula

1. Pahami dahulu tuas transmisi nya, apa sajakah kegunaannya

Bagi pemula atau yang biasa menggunakan mobil manual, tentunya sistem transmisi nya berbeda. Dimana didalam mobil matic akan terdapat D, R, P, N dan B, masing-masing memiliki kegunaan sendiri. Dimana D untuk jala, R digunakan untuk mundur, P digunakan untuk parkir, N digunakan untuk saat mobil berhenti sejenak ketiak sedang macet atau di lampu merah dan untuk B digunakan untuk mendapat engine boost ketika menurun dan menaikkan RPM saat jalan menanjak.
Cara Menyetir Mobil Matic Khusus Pemula
Pahami Tuas Transmisi Matic

Lalu terdapat pula angka 3/2 dan 1/L didalam angka tersebut dapat digunakan ketika dalam posisi kecepatan sedang keatas dan juga pada saat di tanjakan. Untuk memindahkan dari D ke D3,D2 dan D1, kalian dapat memegang tombol yang ada di tuas transmisi nya. Memang cara mengendarai mobil matic khusus pemula harus didasari dengan memahami dahulu maksud dari huruf dan angka yang ada di tuas tranmsisi nya.

2. Ketika mau jalan injak pedal rem terlebih dahulu, sebelum geser tuas transmisi

Untuk pertama-tama ketika mau mengendarai mobil, pastikan dahulu posisi tuas transmisinya, apakah dalam posisi P atau N. Apabila posisi tuas antar keduanya, secara pasti mobil tidak akan langsung jalan ketika mesin dihidupkan. Lalu untuk menggeser tuas transmisi nya kalian harus menginjak rem nya terlebih dahulu, hal tersebut agar mesin mobil tidak cepat rusak dan juga mencegah terjadinya suatu hal yang tidak di inginkan. 

Cara Menyetir Mobil Matic Khusus Pemula
Injak Pedal Rem Sebelum Jalan

Lalu langkah dan cara mengendarai mobil matic khusus pemula selanjutnya injak tuas rem terlebih dahulu. Kemudian geser tuas dari P ke D, setelah tuas geser ke D perlahan-lahan injak gas rem nya dan lepaskan injakkan rem nya secara perlahan-lahan. Hal tersebut agar awalan mobil berjalan tidak langsung cepat dan bikin kaget si pengemudi. Pasalnya ketika transmisi sudah di D, otomatis mobil akan jalan sendiri dan itu tinggal pengemudi melepaskan injakkan rem nya.

3. Lalu tekan gas dan lepaskan injakkan rem secara perlahan-lahan

Untuk menjalankan mobil matic memang sangat berbeda sekali dengan mobil dengan transmisi manual. Sehingga kalian harus perhatikan terlebih dahulu posisi rem dam posisi gas, agar kalian semua tidak salah injak antara pedal rem dan pedal gas nya. Adapun langkah dan cara mengendarai mobil matic khusus pemula yang harus dilakukan ketika mau menjalankan nya. Langkah pertama nya injak pedal rem dahulu, agar mobil tidak langsung jalan ketika tuas digeser ke D.

Cara Menyetir Mobil Matic Khusus Pemula
Injak Gas Pelan Pelan

Setelah itu geser tuas ke D dan perlahan-lahan injak pedal gas nya dan perlahan-lahan juga lepaskan pedal rem nya. Kemudian setelah mobil sudah mulai berjalan, perhatikan betul kemudi mobil dan juga pedal rem dan gas nya agar tidak salah injak. Pasalnya hanya terdapat dua tuas saja, sehingga lebih berhati-hati lagi dalam mengendarai nya. Konsentrasi menjadi kunci utama untuk mengendarai agar aman dan tidak terjadi apa-apa.

4. Bila sudah berjalan kalian konsentrasi terhadap setir, rem dan gas

Untuk langkah dan cara mengendarai mobil matic khusus pemula ialah konsentrasi dalam mengemudikannya. Pasalnya setiap orang yang baru bisa mengendarai mobil matic terkadang sering lupa antara rem dan juga gas dan hal tersebut menjadi faktor terjadinya kecelakaan. Apalagi untuk mobil matic tidak ada kopling, sehingga kalau kehilangan kosentrasi akan mengakibatkan hal yang sangat fatal bagi pengemudi nya.

Cara Menyetir Mobil Matic Khusus Pemula
Konsentrasi terhadap setir rem dan gas

Selain itu juga ketika baru bisa mengendarai mobil matic, sebaiknya konsntrasi saja dan fokus, jangan sampai sambil mendengarkan musik atau memutar video. Hal tersebut memang perlu sekali diperhatikan, apabila sampai lengah sedikit saja. Arah mobil pasti nya akan sedikit membelok  dan pasti bikin kaget seketika.

5. Ketika terkena macet, cukup injak pedal rem nya saja

Jalanan di perkotaan memang sangatlah macet sekali pada waktu pagi hari karena banyak orang mau berangkat beraktivitas. Sedangkan untuk sore hari juga sangat macet sekali, sehingga kalian yang baru bisa mengendarai mobil matic harus berhati-hati. Untuk itu kalian semua perlu kosentrasi penuh agar tetap fokus, untuk mengatasinya kalian semua cukup menginjak pedal rem saja. Tetapi hal ini juga perlu diwaspadai sekali.

Cara Menyetir Mobil Matic Khusus Pemula
Injak Pedal Rem Saja Jika Macet

Namun kalian juga dapat cari aman bila macetnya terlihat parah, kalian cukup menggeser tuas nya ke N. Agar mobil tidak jalan ketika kalian melepaskan injakkan rem nya, tetapi kalian semua tetap harus waspada dan juga fokus. Memang terdapat banyak beberapa langkah dan cara mengendarai mobil matic khusus pemula, dan semua itu perlu kalian pahami betul-betul agar cepat lancar dalam mengemudi mobil matic nya.

6. Bila berada di jalan tanjakan, masukan transmisi ke gigi rendah D1

Sering kali orang yang baru bisa membawa mobil matic atau sudah biasa membawa mobil manual, kaget ketika melalui jalan tanjakan. Pasalnya sering kali mobil matic tidak kuat apabila transmisi nya tidak cepat-cepat di pindahkan ke gigi yang rendah. Pasalnya banyak yang belum tahu akan arti dari huruf-huruf yang ada di tuas transmisi nya, oleh karena itu kalian harus benar-benar memahami kegunaan pada huruf tersebut. 

Cara Menyetir Mobil Matic Khusus Pemula
Tanjakan Masukkan ke D1 saja

Untuk mengatasi ketika melalui jalan tanjakan, kalian semua tekan tombol yang ada di tuas nya lalu geser ke D1. Apa bila tuas transmisi nya sudah berada di D1, berarti mobil matic tersebut sudah masuk ke gigi rendah. Dengan demikian mobil sudah pasti akan kuat untuk menanjak, alangkah baiknya juga dari awal kalian sudah bersiap-siap terlebih dahulu.

7. Sedangkan untuk menggeser tuas transmisi ketika sedang berhenti, sebaiknya injak pedal rem

Terkadang sering kali banyak orang yang mengabaikan tata cara dalam memindah transmisi pada mobil matic. Apabila hal tersebut sering kalian abaikan, besar kemungkinan mobil matic anda akan cepat rusak pada bagian mesinnya. Nah untuk itu perlu kalian ketahui, apabila mau memindahkan transmisi mobil matic harus dibarengi dengan menginjak tuas rem nya. 

Apabila hal tersebut kalian taati pasti nya mobil akan lebih awet lagi, akan tetapi itu semua harus dibarengi dengan service secara rutin. Untuk beberapa cara mengendarai mobil matic khusus pemula memang banyak sekali, seperti halnya tata cara dalam menggeser tuas transmisi nya juga harus sesuai dengan aturan yang sudah ada. Sementara itu bagi anda yang sering membawa mobil manual, pasti nya akan lebih cepat untuk memahaminya.


Demikian artikel tentang Cara Menyetir Mobil Matic Khusus Pemula, Semoga Bermanfaat bagi anda. Silahkan anda bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat bagi anda. Trims

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Menyetir Mobil Matic Khusus Pemula "

Post a Comment