Advertisement

Tentukan Rute sebelum Perjalanan, ini Keuntungannya

Merencanakan liburan seperti tahun baru memang menyenangkan, nah untuk mengisi liburan dengan bepergian ke tempat wisata pecinta otomotif harus juga menentukan rute yang akan dilalui (tak hanya tempatnya saja) akan tetapi jalan mana yang paling baik dilewati.
Beberapa faktor yang dipertimbangkan saat menentukan rute adalah:
1. Keselamatan/ safety jalur, jalur/ rute yang ditempuh harus benar-benar safety.... jangan sampai mengorbankan safety demi mengejar waktu ataupun biaya... Jika musim penghujan seperti ini hindari jalan yang berpotensi longsor ataupun jalan-jalan licin. Hindari juga jalan-jalan yang dianggap berbahaya seperti jalan yang dimitoskan ada penunggunya/ angker, karena mitos kadang-kadang benar meskipun tidak 100%.
Pernah penulis meremehkan jalan yang katanya angker dan memaksa melewatinya padahal sedikit ragu juga, akhirnya penulis tertabrak dari belakang oleh mobil pick up (siapa yang sangka pickup dari belakang tiba-tiba meluncur menabrak saya)
2. Kecepatan, pilih rute yang tidak terlalu memakan waktu lama.... hindari kemacetan sebisa mungkin
3. Kemudahan, bisa jadi jalan cukup cepat ditempuh karena merupakan jalan tembus akan tetapi jalannya kecil sehingga sulit dilalui.... cari rute yang mudah dilalui saja
4. Suka dan tidak suka, nah ini juga dirasa penting untuk liburan...pilih jalan yang disukai saja, misalnya menyukai jalan yang udaranya segar atau jalan yang bersih selama masih safety
5. Informasi; gunakan teknologi informasi seperti internet, TV ataupun radio untuk mengetahui kondisi terbaru rute yang akan dilalui. Kondisi jalan selalu berubah-ubah kadang basah/ macet/ lancar/ dsb nah dengan mengetahui secara dini kondisi jalan di depan kita maka kita akan bisa menentukan sejauh mana jalur tersebut efektif. Tanyakan di Grup2 facebook yang anggotanya dari kota tersebut bagaimana kondisi jalan didepan, misalnya di mega mendung lancar atau tidak, dll.
6. GPS, manfaatkan teknologi GPS jika ternyata rute tidak sesuai dengan perkiraan kita... GPS ini sangat membantu untuk menemukan jalan alternatif jika kita tersesat atau sedang mencari jalan alternatif. Saat iini perangkat GPS sudah hampir semua tertanam pada ponsel jadi tinggal manfaatkan ponsel anda untuk menjadi GPS/ sistem nafigasi... Jaman dulu ada anjuran kalau kemana-mana bawa peta, sekarang peta sudah gak jaman, jamannya GPS.
Keuntungan yang kita dapatkan jika kita menentukan rute terlebih dahulu dengan berbagai pertimbangan yang sudah dipikirkan adalah:
* kita lebih safety
* kita lebih cepat sampai tujuan
* lebih mudah melalui jalan dan lebih fun
* persiapan kebutuhan sepanjang jalur/ rute sudah dipersiapkan sampai alternatif tak terduga

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tentukan Rute sebelum Perjalanan, ini Keuntungannya"

Post a Comment