Advertisement

Perlunya Mengganti Udara Dalam Mobil

Mobil meskipun dilengkapi dengan AC bukan berarti udara dalam kabin selalu selalu bersih/ sehat, ada kalanya udara harus diganti dengan yang lebih fresh dan bersih. Jika hanya mengandalkan sistem AC saja masih kurang tepat karena pada dasarnya AC hanya memutar kembali udara di kabin dengan menyaringnya dan kadang mendinginkan, akan tetapi kandungan oksigen dan karbondioksida tidak bisa dirubah AC kecuali AC yang mengambil udara dari luar mobil (AC ini sangat jarang)
Udara dalam kabin mobil memang seharusnya diganti jika dirasa sudah terlalu lama tidak berganti dengan udara luar, cara menggantinya yakni dengan mencari tempat yang udaranya bersih dan sejuk misalnya di desa/ pegunungan/ pinggir hutan. Mobil bisa dibuka keseluruhan pintunya agar udara lama di dalam mobil keluar dan digantikan dengan udara baru yang bersih, jangan menyalakan mesin dan hindari udara yang berdebu.
Ini yang sering dialami banyak driver ketika merasa udara dalam mobil perlu diganti maka membuka pintu/ kaca pintu dengan tetap menyalakan AC, lalu apa buruknya?
Membuka pintu/ kaca mobil berresiko masuknya udara kotor ke dalam kabin terutama jika dilakukan di sembarang tempat (misalnya pinggir jalan), udara kotor ini yang membawa debu dan akan masuk pada sistem ac yang mengotori filter AC.
Sama seperti merokok dalam mobil mengapa dilarang? karena saat merokok pasti membuka jendela padahal sistem AC sedang menyala. Ini bukan disebabkan bau asap rokok akan tetapi terbukanya jendela dan masuknya debu akan membuat filter AC cepat kotor, nah jika merokok/ membuka kaca mobil lebih baik AC dimatikan.
Untuk wewangian di dalam mobil ada baiknya pecinta otomotif mulai merubah penggunaan parfum mobil menjadi bau-bauan alami seperti bau bunga melati, bau daun teh, bau cengkeh, dll. Karena menurut penelitian bau parfum mobil sintetis bisa meracuni tubuh manusia, tanda-tanda keracunan jangka pendek adalah merasa mual dan pusing saat mencium bau parfum mobil sedangkan tanda-tanda keracunan jangka panjang adalah menurunnya kesehatan paru-paru.
Untuk membersihkan aroma parfum sintetis mobil ini pecinta otomotif bisa menjalankan seperti cara mengganti udara di atas, yakni dengan membawa mobil ke tempat yang bersih (misalnya puncak, tretes, atau tempat lain yang masih bersih) kemudian membuka semua pintu untuk menggantikan udara penuh parfum. berikut ulasan parfum alami mobil

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perlunya Mengganti Udara Dalam Mobil"

Post a Comment