Advertisement

Mengapa Rem Mobil wajib Dibersihkan dari Debu?

Rem mobil baik yang memakai tromol maupun cakram/ disc seharusnya memang dibersihkan secara periodik agar rem tetap bekerja optimal saat dijalankan. Kotoran pada rem ini macam-macam bisa debu, oli, air, serbuk logam akibat gesekan sistem rem dan lain-lain.
Salah satu tanda jika rem sudah kotor antara lain rem tidak sepakem biasanya, hal ini dikarenakan adanya butiran debu yang menempel pada permukaan tromol/ kampas rem sehingga menjadi penghalang cengkraman kampas rem baik pada tromol maupun piringan cakram. Selain tidak sepakem biasanya rem yang kotor juga bisa ditandai dari adanya bunyi mendecit atau menderit saat diinjak, suara ini tentunya mengganggu dan mengkhawatirkan.
Membersihkan Rem juga bermanfaat untuk memperpanjang usia cakram/ tromol/ kampas rem dimana kotoran pada rem bisa merusak salah satu komponen misalnya tromol atau kampas atau bahkan cakram, semakin bersih maka usia komponen rem pun semakin panjang.
Pembersihan rem sebenarnya tidak memiliki patokan tertentu karena setiap medan/ jalan membawa implikasi yang berbeda pada sistem rem, misalnya banyak melewati jalanan berdebu/ berpasir akan menyebabkan rem cepat kotor sehingga harus lebih rutin dibersihkan.
Pembersihan rem ini idealnya dilakukan tiap 5000 kilometer, jika service berkala mobil adalah kelipatan 10 ribu kilometer maka khusus untuk membersihkan rem ini luangkan waktu sedikit di rumah karena membersihkannya relatif mudah. Hampir sama dengan tekanan ban mobil yang harus di cek rutin tiap 2 minggu sekali dimana da komponen-komponen yang harus lebih sering dirawat.
Bagaimana cara membersihkan rem mobil dari debu atau kotoran lain, pecinta otomotif bisa membaca pada artikel sebelumnya tentang cara membersihkan kampas rem, tromol dan cakram

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Rem Mobil wajib Dibersihkan dari Debu?"

Post a Comment