Advertisement

Membeli Mobil Bekas Taksi? Bahayakah

Mobil bekas taksi memang memiliki harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan mobil bekas pada umumnya (pribadi), sebagai perbandingan jika mobil bekas taksi (blue bird) dijual pada rentang harga 80 jutaan maka harga mobil bukan bekas taksi berkisar sekitar 110 jutaan, berbeda lagi untuk taksi bukan blue bird yang harganya bisa turun sampai 60 jutaan. Ini artiya harga mobil bekas taksi bisa turun sampai setengah harga.
Bagi sebagian orang yang sangat sensitif terhadap harga membeli mobil bekas taksi memang memberikan keuntungan tersendiri terkait dengan harga yang bisa hanya 60% dari harga mobkas pada umumnya untuk produksi tahun yang sama, akan tetapi meskipun murah ternyata ada beberapa kekurangan dari mobil bekas taksi ini yang harus diketahui:
1. Mobil bekas taksi yang dijual biasanya sudah menempuh jarak 400 ribu kilometer atau usia 5 tahun
2. Mobil bekas taksi memiliki fitur tidak selengkap mobil-mobil pada umumnya seperti fitur power window yang tidak ada, sistem audio, velg kaleng, dll)
3. Kondisinya lebih buruk dibanding bukan bekas taksi; interior seperti karpet/ dashboard/ jok, eksterior seperti body yang lebih rapuh (keropos), kaki-kaki yang sudah usang, dll.
Nah bagi yang paham benar tentang mobil sebenarnya tidak masalah membeli mobil bekas taksi karena bisa mengecek secara keseluruhan mulai dari mesin, eksterior, interior, dll sehingga bisa memilih yang terbaik dengan harga yang murah. Akan tetap untuk orang yang awam tentang mobil kami sarankan lebih baik memang membeli mobil bukan bekas taksi karena lebih mudah memperkirakan kondisinya.
Mobil yang berjalan lebih dari 400 ribu Km
Anggapan secara umum mobil masih dikatakan jika kilometer masih dibawah 100 ribu, dengan asumsi pemakaian untuk bekerja sehari berjalan 20 kilometer maka dalam 1 bulan menempuh 600 kilometer.
Untuk mobil penggunaan normal (dengan asumsi sehari 20 km) untuk mencapai jarak 100 ribu kilometer dibutuhkan waktu kira-kira 166 bulan atau sekitar 13 tahun. Sedangkan mobil taksi jarak tempuhnya sudah diatas 400 ribu km (biasanya sehari berjalan 200 km)??
Sedangkan mobil pada umumnya masih layak pakai sampai kilometer 200 ribu diatas itu sudah dianggap mobil tua (penggunaan normal lebih dari 20 tahun).
Yang perlu diketahui bahwa bagaimanapun jika mobil berjalan maka dia akan mengalami penyusutan (perhitungan ekonomis), kondisi mesin juga sudah berubah akibat gesekan antar komponen saat mesin bergerak (menimbulkan keausan logam; retak, terkikis, dll). Semakin tua mobil apalagi di jalanan yang terpapar sinar matahari dan hujan juga semakin berkurang keadaannya misalnya body makin keropos.
Semakin sering mobil ditumpangi juga menurunkan keadaan mobil misalnya busa jok menjadi mati, lapisan jok menjadi kaku (tidak elastis), dan lain sebagainya.
Intinya mobil memiliki umur hidup sebagaimana barang-barang lain, ambil contoh lampi pijar dirumah kita pasti memiliki umur tertentu yang tertera di bagian kemasan misalnya mampu hidup selama 1000 jam, komputer juga seperti itu mampu bertahan sampai 3 tahun, dll.
Pendapat yang berkembang tentang sesuatu masih dikatakan layak:
* Bangunan (seperti; rumah/ gedung) memiliki usia sekitar 20 tahun, jika lebih dari itu sudah dikatakan tidak layak dan perlu dibongkar dibangun kembali
* Jembatan memiliki usia 50 tahun
* Barang elektronik seperti TV, Komputer, Rice Cooker, kulkas, dll memiliki usia 5 tahun (selebihnya sudah gak layak dipakai, ganti baru)
* Kendaraan seperti mobil/ motor memiliki usia pakai sekitar 100 ribu sampai 200 ribu km, selebihnya memang sudah selayaknya diganti. Ada juga yang beranggapan bahwa mobil/ motor memilki usia 5 tahun selebihnya mobil/ motor tersebut sudah ketinggalan jaman dan tidak enak dipakai..
* Manusia umumnya berumur 60 tahun
* Orang utan bisa sampai 30 tahun
* dll
Nah jika kita menyadari bahwa setiap benda memiliki usia pakai tertentu (rata-rata) maka kita akan lebih bijak menimbang, tidak hanya memperhitungkan faktor harga yang murah akan tetapi juga usia pakai kendaraan. Memang pada mobil tidak tertera sampai berapa tahun atau berapa ribu km dia dapat dipakai akan tetapi dari pengalaman mobil dengan usia lebih dari 10 tahun atau 100 ribu km sudah tidak enak dipakai.
Perawatan yang baik memperpanjang usia mobil
Pada dasarnya perawatan yang baik akan memperpanjang umur mobil misalnya; pergantian oli yang tepat waktu, perawatan berkala tiap 2000 km, penggantian komponen yang tepat tiap 20 ribu km dan 40 ribu km, dll. Nah mobil bekas taksi Blue Bird dikatakan paling bagus diantara taksi lainnya karena relatif bagus dalam hal perawatan dibanding taksi lain meskipun apakah masuk bengkel tiap 2000 km kami juga masih ragu, harganyapun juga berbeda jika bekas taksi blue bird dijual 80 jutaan maka taksi lain mungkin hanya 60 jutaan.
Sebenarnya tidak ada larangan untuk membeli mobkas taksi ini...tergantung kebutuhan jikapecinta otomotif memiliki pengetahuan tentang otomotif dan bisa menilai mobil maka tak ada salahnya membeli, jika uangnya sedikit juga tak ada salahnya membeli... sedangkan keuntungan membeli mobil bekas taksi adalah:
- harga murah
- sparepart relatif mudah didapat, kalau sulit maka perusahaan taksi tidak akan memakai mobil ini
- perawatan mudah
- konsumsi bbm irit, biasanya perusahaan taksi memodifikasi mobilnya agar lebih irit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membeli Mobil Bekas Taksi? Bahayakah"

Post a Comment