Advertisement

Kaca Mobil Jamuran! Sikat dengan Pembersih Jamur

Musim penghujansebenarnya memberikan banyak masalah terutama pada mobil salah satunya adalah berjamurnya kaca mobil, penyebab jamur yang paling sering adalah adanya air hujan yang terlalu lama pada kaca mobil. Air hujan yang tidak segera dibersihkan atau mengendap terlalu lama bahkan sampai mengering terlebih jika bercampur dengan debu akan menjadikannya jamur, selain air hujan penyebab jamur bisa juga oleh tempat yang terlalu lembab (tempat parkir/ garasi) dan juga udara dingin.
Jamur menyebabkan tampilan mobil menjadi seperti kurang terawat kotor pada bagian kaca (bercak atau noda), sedangkan jika jamur mulai banyak akan mengganggu pandangan/ visibilitas pengemudi terutama saat malam hari atau kondisi hujan lebat.
Untuk mencegah jamur sebenarnya sangat mudah yakni selalu membersihkan kaca mobil sesaat setelah terkena air hujan, caranya dengan membilasnya menggunakan air bersih kemudian mengelapnya dan jangan menunggu hingga kering (akan lebih baik jika langsung mencucinya dan mengelap lalu mengangin-anginkan sampai kering), selain itu tidak menempatkan mobil di tempat yang lembab juga sangat efektif mencegah jamuran pada kaca mobil.
Kaca mobil berjamur, bagaimana menghilangkan?
Menghilangkan jamur bermacam-macam caranya mulai dari membersihkan memakai pasta gigi, saun/ detergen, dan lain-lain. Akan tetapi penggunaan bahan-bahan yang tidak direkomendasikan misalnya pasta gigi/ detergen yang terlalu keras dikhawatirkan akan merusak/ menggores kaca (mengingat peran kaca sangat penting untuk visibilitas) sehingga tidak boleh sembarangan.
Jika pecinta otomotif ke bengkel perawatan mobil (car care) dan membeli pembersih jamur mungkin pecinta otomotif akan sangat mudah mendapatkannya karena pembersih jamur ini banyak dijual, pembersih jamur ini berbentuk cairan yang penggunaannya disemprotkan pada kaca mobil (yang berjamur) lalu gosok dengan lap pembersih berserat halus (lap microfiber). Berikut teknis membersihkan:
Alat:
* Lap kain serat halus, lap microfeber lebih baik
* Kanebo
Bahan:
* Cairan pembersih jamur
* Air
Metode membersihkan:
1. Bersihkan terlebih dahulu kaca yang akan dibersihkan dengan air sampai tidak ada kotoran yang berbahaya seperti kerikil kecil/ pasir/ debu dan keringkan
2. Semprot/ oleskan (untuk cairan berbentuk pasta) pada kaca yang berjamur dengan pembersih jamur
3. Gosok secara memutar dengan lap berserat halus/ microfiber selama 5 sampai 10 menit, cara menggososok dengan arah memutar searah seperti arah jarum jam.
4. Bilas dengan air lalu keringkan dan lihat hasilnya, untuk mempercepat mengeringkan bisa dilap memakai kanebo (menyerap air). Lihat apakah sudah bersih
5. Jika belum bersih maka ulangi sampai 2 kali pengulangan (maksimum), jika sudah bersih artinya jamur sudah hilang. Akan tetapi jika tidak bisa bersih maka pecinta otomotif bisa membawa mobil ke bengkel car care (perawatan mobil) untuk dibersihkan.
Hindari memilih pembersih jamur sembarangan/ berkualitas rendah
Membersihkan kaca mobil harus benar-benar hati-hati termasuk saat memilih cairan pembersih jamur ini, hindari membeli produk pembersih hanya karena harga murah. Pertimbangkan pula reputasi produk tersebut, tanyakan pada pihak penjual apakah banyak keluhan menggunakan produk tersebut, mintalah rekomendasi penjual produk yang bagus, yang terakhir belilah produk yang memiliki reputasi perusahaan bagus (terkenal).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kaca Mobil Jamuran! Sikat dengan Pembersih Jamur"

Post a Comment