Advertisement

Daihatsu Copen Mobil Kecil Tenaganyapun juga Kecil

Daihatsu Copen adalah mobil berjenis mini roaster yang diproduksi oleh Daihatsu Jepang, mobil dengan ukuran yang cukup kecil panjang 3395 mm, lebar 1470 mm dan tinggi 1280 mm ini diimpor utuh dari negara asalnya (dibuat dan dirakit di Jepang) atau sering disebut CBU. Yang menarik dari mobil mini roadster Daihatsu ini adalah atap mobil yang bisa dilipat sehingga lebih menyenangkan saat dikendarai terutama ketika masuk daerah yang minim polusi dengan udara yang dingin (tak terlalu panas), small fun and beautiful adalah jargon mobil ini.
Eksterior Daihatsu Copen
Mobil ini cukup menyenangkan dilihat, dengan ukuran yang mungil dan bentuk grill yang seperti menantang terlihat lucu juga, lubang udara yang cukup besar pada bagian depan rupanya digunakan untuk memaksimalkan sistem pendinginan pada mesin agar suhu selalu terjaga meskipun cukup lama dipakai (mesin tetap top performa).
Banyak lekuk-lekuk pada body mobil mulai bagian depan, samping hingga belakang. Lekuk-lekuk ini sepintas terlihat lebih menekankan pada keunikan tampilan mobil akan tetapi sebenarnya lekuk-lekuk halus ini juga berfungsi untuk sistem keseimbangan mobil dan menjaga aerodinamis mobil.
Pada bagian depan terdapat headlamp dan foglamp yang bisa dikatakan standar, dilengkapi dengan velg alloy dan hanya memiliki 2 pintu saja (maklum saja mobil ini hanya memiliki kapasitas penumpang 2 orang saja)
Pada bagian belakang terdapat bagasi, bagasi ini ditempatkan diluar kabin mirip dengan sedan sedangkan bumper mobil ini dibuat menyatu dengan body mobil (baik bumper depan maupun belakang).
Hal yang cukup menarik adalah pada atap yang bisa dibuka tutup secara elektronik, misalnya saat berjalan di perkotaan yang panas/ berdebu pengemudi bisa menutup atap kabin akan tetapi begitu memasuki daerah yang bebas polusi dengan suhu udara yang cukup dingin maka pecinta otomotif bisa membuka atap kabin. Saat atap dibuka maka penumpang akan merasakan sensasi menyatu dengan alam seperti bau-bauan desa, suara burung-burung di pegunungan, hawa dingin, dan terpaan angin (ini yang menyenangkan).
Untuk melipat atau membuka atap daihatsu copen hanya diperlukan waktu sekitar 20 detik, sekali sentuh tombol di bagian tengah dashboard maka atap bisa membuka ataupun menutup, ini artinya dalam 20 detik mobil bisa bermetamorfose dari kabin tertutup menjadi kabin terbuka? menyenangkan bukan,,,seperti mobil mewah :-)
Mesin
Jika pecinta otomotif mengira mesin daihatsu copen adalah besar dengan tenaga yang dahsyat maka hal itu adalah salah besar karena daihatsu copen hanya dibekali mesin bensin 658 cc dibekali dengan turbo dengan tenaga sekitar 64 dk saat turbo aktif (artinya tanpa turbo bisa lebih kecil, bisa dikatakan ini kecil sekali), bahkan daihatsu ayla bertenaga 65 Hp (tanpa turbo).
Daihatsu copen memiliki konsumsi BBM yang lumayan irit yakni 19:1 Dalkot (dibaca; 19 kilometer per 1 liter BBM untuk dalam kota), akan tetapi BBM mobil ini jelasnya bukan pertamax, paling tidak pertamax plus atau pertamax racing. Untuk jalan bebas hambatan konsumsi BBM ternyata tidak terpaut jauh yakni 24,2:1
Untuk sistem transmisi daihatsu copen memakai transmisi otomatis CVT
Daihatsu Copen ini memiliki akselerasi sekitar 14,5 detik yang mana untuk ukuran mobil jaman sekarang bisa dibilang sangat buruk, Honda Jazz saja dalam 10,5 detik bisa mencapai kecepatan 100 km/jam bahkan untuk mobil-mobil kompak (hot hatch) dengan harga diatas 400 juta akselerasi bisa dibawah 10 detik.
yah kalau boleh dibilang sanyangnya mobil ini hanya berkemampuan mesin terbatas, andaikata mesinnya cukup gahar pasti makin asyik dikendarai.
Safety
Safety meruakan hal yang cukup serius digarap oleh daihatsu terutama untuk copen ini, berbagai sistem keselamatn aktif dan pasif dibenamkan mulai dari sistem rem, sensor jalan, sampai airbags dibenamkan. Sistem keselamatan aktif ini pada intinya menggunakan teknologi sensor dan komputer untuk menentukan apakah mobil dalam keadaan bahaya sehingga mobil bisa mengembalikan pada keadaan yang tidak berbahaya, misalnya jika terjadi selip pada ban maka komputer akan melepaskan cengkraman rem sehingga ban memperoleh traksinya kembali.
Desain mobil ini menggunakan teknologi D-Frame dari daihatsu, yakni logam dengan ketahanan yang tinggi yang digunakan sebagai rangka body untuk menahan benturan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Interior Daihatsu Copen
Untuk interior mobil ini bisa dibilang bagus dengan material ornamen yang bagus (berkualitas), pada bagian lingkar kemudi dibenamkan sederet fitur yang nampak adanya panelpanel kendali dan airbags. MID ditempatkan persis didepan pengemudi sedangkan di bagian tengah dashboard terdapat layar monitor LED yang tentunya bisa dihubungkan dengan smartphone. Dibawah layar LED terdapat panel-panel pengendali AC, sistem transmisi dan kontrol ornamen lain.
Tempat duduk Daihatsu Copen hanya ada 2 yakni milik pengemudi dan penumpang depan, mobil ini hanya memiliki 1 baris tempat duduk saja dengan 2 pintu sebagai jalan keluar masuk. Sementara untuk menaruh barang Daihatsu Copen memiliki sebuah bagasi dibelakang (di luar kabin), bagasi ini cukup besar jika dibandingkan dengan dimensi yang dimiliki mobil sehingga bisa dikatakan cukup lah.

Untuk jok material terbuat dari kulit sintetis dengan busa yang berkualitas dan desain yang enak di duduki terutama untuk orang asia
Harga dan Rival
Daihatsu Copen dijual seharga 431,5 juta rupiah, kualitasnya sebanding dengan harganya....akan tetapi jika kita akan coba melihat harga mini roadster lain (rival) sehingga bisa menilai apakah mobil ini terlalu mahal atau malah terlalu murah.
Rival terdekat Daihatsu Copen adalah Mini Cooper, mini cooper ini juga mobil kecil akan tetapi untuk atap kabin tidak bisa dibuka tutup seperti Daihatsu Copen, untuk mesin lumayan lah bertenaga sekitar 136 Hp (dua kali lipat lebih besar dari daihatsu coopen) sedangkan harga sekitar 480 jutaan (selisih 50 jutaan dari daihatsu copen). ulasan lengkap Mini Cooper baca di artikel berikut

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daihatsu Copen Mobil Kecil Tenaganyapun juga Kecil"

Post a Comment