Advertisement

Mengantuk Saat Mengemudi, Ini Cara Mengatasinya

Mengantuk adalah hal yang biasa dialami setiap orang, akan tetapi menjadi berbeda jika kita mengantuk saat mengemudi mobil dimana faktor kecelakaan terbesar saat mengemudi adalah karena kelelahan dan mengantuk. Menghindari lelah dan mengantuk ini bisa secara signifikan mengurangi resiko kecelakaan mobil dan meningkatkan rasa senang saat berkendara, coba kalau pecinta otomotif berkendara dalam keadaan yang segar dan vit.... senang bukan :-)

Penyebab mengantuk ini macam-macam mulai dari tubuh yang lelah, sirkulasi udara di mobil yang kurang baik, terlalu lama mengemudi, terlalu kenyang, kurang air, pengaruh obat-obatan, dll
Kasus kelelahan menjadi faktor utama seseorang merasa mengantuk, sering meskipun tubuh tidak dipersiapkan akan tetapi teteap dipaksakan mengemudi bahkan sampai berjam-jam.
Penyebab mengantuk saat mengemudi cukup bervariasi antara lain:
1. Terlalu lelah, fisik yang kurang baik sebelum mengemudi mempengaruhi fokus/ kesadaran kita. Misalnya sehabis fitnes/ kerja berat lalu kita mengemudi, nah pasti ditengah jalan kita akan mengantuk terus. Nah usahakan tubuh kita benar-benar fit dan tidak lelah sebelum mengemudi, tidak bekerja karas selama sehari sebelum perjalanan akan membantu mencegah terjadinya rasa mengantuk di jalan, tidur yang cukup (8 jam) sebelum berangkat juga membantu kesadaran kita terjaga dengan sangat baik.
Intinya hindari kelelahan dan tidurlah 8 jam sebelum berangkat
2. Terlalu lama mengemudi, mengemudi yang disarankan adalah berdurasi maksimum 2,5 jam, sitiap kita mengemudi selama 2,5 jam maka sempatkan utnuk istirahat barang 1/2 jam sampai satu jam. Misalnya kita akan menempuh perjalanan selama 5 jam maka istirahat dilakukan selama sekali saat perjalanan, bisa kita gunakan untuk meregangkan otot-otot punggung yang kaku, peregangan tangan dan kaki, minum air putih dan rehat sejenak agar tubuh kita kembali optimal
3. Kurangnya sirkulasi udara, sirkulasi udara yang buruk misalnya pengemudi menggunakan ac dan menutup mobil secara terus menerus, jika memakai sistem ac yang mengambil udara dari luar mungkin tak masalah, akan tetapi jika sistem ac hanya memutar udara dalam kabin mobil ini masalahnya bahwa oksigen dalam mobil berkurang. Coba dibayangkan misalnya kita berlima di dalam mobil selama 1-3 jam tanpa membuka pintu dengan sistem ac memutar udara di kabin, secara logika oksigen di kabin mobil akan berkurang drastis (tanpa ada pergantian udara). Nah kekurangan oksigen ini menyebabkan rasa mengantuk, solusinya adalah buka sedikit jendela agar ada udara masuk ke kabin tiap 1 jam
4. Terlalu banyak makan/ terlalu kenyang, terlalu kenyang dapat menyebabkan mengantuk ini seperti mengapa saat malam setelah kita makan cepat sekali tidurnya. Sebenarnya sesaat setelah makan maka perut akan langsung mengolah makanan kita, dibutuhkan banyak darah untuk mengaktifkan pencernaan (mengolah makanan diperut) sehingga pasokan darah ke otak menjadi berkurang, berkurangnya aliran darah ke otak ini menyebabkan kita mengantuk. Solusinya adalah makan secukupnya, pilih makanan kaya vitamin seperti buah-buahan dan minum air putih agar tubuh kita vit untuk waktu yang cukup lama.
Cara efektif mengatasi mengantuk
Tidak ada cara yang lebih efektif mengatasi mengantuk selain tidur, jika pembaca memiliki waktu yang cukup maka tidur barang 1/2 jam sampai satu jam saat istirahat akan membuat kita segar kembali, akan tetapi jika tidak memiliki waktu akan tetapi didera rasa mengantuk yang hebat maka tidur singkat 20 menit sampai 1/2 jam sangat efektif menghilangkan ngantuk sementara.
Bahkan penulis sering tidur sangat singkat yakni 5-10 menit dipinggir jalan untuk menghilangkan kantuk, daripada kecelakaan mending tidur sebentar, akan tetapi yang baik sekitar 20 menit atau lebih.
Penggunaan obat-obatan, minuman berenergi, kopi untuk mengatasi kantuk tidaklah efektif. Kopi misalnya, hanya akan meningkatkan denyut jantung akan tetapi tidak bisa menghilangkan kelelahan otak kita malah yang ada menambah masalah. Sama dengan minuman berenergi, pengalaman penulis minum minuman berenergi tetap saja mengantuk (tidak ada efeknya).
Oh iya sediakan air putih yang cukup, kadang dengan meminum air putih kita bisa lebih segar.... air putih ini selain bisa digunakan untuk minum juga bisa dipakai cuci muka untuk menyegarkan mata kita

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengantuk Saat Mengemudi, Ini Cara Mengatasinya"

Post a Comment